Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diselimuti Sentimen Negatif, IHSG Dibuka Memerah

Kompas.com - 03/07/2013, 09:17 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melemah begitu dibuka pada pagi ini, Rabu (3/7/2013), mengikuti bursa regional yang hampir seluruhnya masuk ke zona merah.

Lima menit setelah perdagangan dibuka, indeks melemah 0,7 persen di 4.694,04. Indeks masih dibayangi oleh pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan melemahnya indeks manufaktur.

Dari 10 sektor industri, tercatat ada tiga yang mencatatkan kenaikan, yaitu pertambangan (0,04 persen), aneka industri (0,03 persen), dan konsumer 0,07 persen. Selebihnya, sektor industri memerah, dengan pelemahan terbesar dicatat oleh sektor infrastruktur (-0,89 persen).

Bursa regional hampir semuanya memasuki teritori negatif, kecuali Bursa Malaysia yang mencatatkan kenaikan 3,54 poin (0,21 persen). Hangseng, Shanghai, Kospi dan Nikkei pagi ini memerah, dengan penurunan masing-masing sebesar -1,29 persen, 1,25 persen, -0,71 persen dan -0,59 persen.

Sementara itu, nilai tukar rupiah pada pagi hari ini diperdagangkan di level Rp 9.984 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com