Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

S&P Pangkas Rating Kredit 3 Bank Besar Eropa

Kompas.com - 03/07/2013, 17:56 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com
- Lembaga pemeringkat, Standard & Poor's memangkas rating kredit Barclays Plc, Deutsche Bank AG, dan Credit Suisse Group AG lantaran kondisi pasar yang belum menentu.

Peringkat Barclays dan Deutsche Bank dipangkas menjadi "A" dari sebelumnya "A+", sedangkan Credit Suisse Group diturunkan menjadi "A-" dari "A". Pada saat yang sama, S&P menegaskan peringkat untuk UBS AG yaitu "A" untuk jangka panjang dan A-1 untuk jangka pendek. Prospek untuk keempat perusahaan tersebut stabil.

Tiga bank tersebut saat ini masih dalam tahap recovery dari krisis finansial 2008, yang membuat negara-negara di kawasan Eropa masuk ke dalam resesi ekonomi yang berkepanjangan. Empat bank itu merupakan kreditur terbesar dan paling merasakan dampak berbagai kebijakan perekonomian yang berdampak pada penurunan kinerja keuangannya.

“Kami mempertimbangkan empat bank tersebut menjadi kreditur terbesar Eropa dan menghadapi risiko perlambatan ekonomitulis,” S&P sebagaimana dikutip Bloomberg Rabu (3/7/2013).

Risiko obligasi yang dipegang oleh Credit Suisse dan Barclays Bank Plc melonjak pekan lalu dan mencapai level tertinggi pada tahun ini. Sementara itu, risiko obligasi yang dimiliki naik ke posisi tertinggi sejak Maret.

“Penurunan credit rating oleh S&P menjadi peringatan bagi para investor bahwa saat ini perekonomian masih memasuki tahap yang belum pasti,” ujar Ronald Wan, anggota Komite Investasi dan Sekuritas Hong Kong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com