Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Impor Daging Sapi karena Keadaan Darurat

Kompas.com - 17/07/2013, 14:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.COM — Pemerintah memutuskan mengimpor daging sapi dengan alasan keadaan darurat. Hal itu diungkapkan Menteri Pertanian Suswono.

"Ini, kan, keadaan darurat untuk menstabilkan harga," kata Suswono di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (17/7/2013).

Tujuan impor tersebut, menurut Suswono, adalah agar harga bisa turun dan stabil. Diharapkan pada akhir Juli daging impor tersebut sudah bisa masuk pasar.

"Jumlahnya tergantung dari kebutuhan pasar. Pokoknya (kalau kebutuhan) pasar masih kurang akan terus ditambah. Pokoknya yang penting harga turun," tegas Suswono.

Karena keadaan darurat untuk menstabilkan harga dan adanya kenaikan kebutuhan saat bulan Ramadhan, menurut Suswono, pemerintah tidak mematok jumlah tertentu.

"Kita lihat perkembangannya untuk berjaga-jaga kalau terjadi lonjakan harga. Pemerintah punya kewajiban agar konsumen tidak diberatkan dengan harga yang mahal," katanya.

Suswono menegaskan agar petani jangan khawatir karena pemerintah tetap mempertimbangkan harga yang wajar. "Petani tidak perlu khawatir karena kita tetap akan mempertimbangkan harga yang cukup wajar di tingkat petani. Harga akan tetap menguntungkan petani agar tetap bergairah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com