Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyataan the Fed Gairahkan Wall Street

Kompas.com - 17/07/2013, 21:17 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga saham di Wall Street dibuka menguat, SRabu (17/7/2013) merespon pernyataan Gubernur Federal Reserve, Ben Bernanke, yang mengatakan bahwa bank sentral tetap akomodatif kendati program pembelian obligasi pemerintah AS dikurangi.

Lima menit setelah pasar dibuka, indeks Dow Jones menguat 36 poin (0,23 persen) menjadi 15.487,85. Sementara itu, S&P 500 juga ikut menguat menjadi 1.682,86 atau 0,39 persen sedangkan Nasdaq melompat 10,12 poin di posisi 3.608,62.

Kinerja beberapa perusahaan sebenarnya telah menjadi penyemangat Wall Street. Akan tetapi, para investor lebih tertarik dengan pernyataan dari Ben Bernanke yang menyatakan bahwa pengurangan pembelian obligasi pemerintah AS akan dilakukan jika ekonomi negaratersebut benar-benar telah membaik.

Tingginya pengangguran dan inflasi yang rendah, ujar Bernanke, kebijakan yang akomodatif akan tetap diperlukan untuk membangun ekonomi di waktu mendatang.

"Hingga saat ini, pelaku pasar tetap memantau jawaban the Fed di hadapan kongres pada hari ini," ujar analis Briefing.com, Patrick O’Hare.

Dia memperkirakan pertanyaan dari anggota konggres masih seputar waktu pengurangan stimulus dan untung rugi dari kebijakan tersebut untuk saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com