Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Akan Bangun Pabrik Gula Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 23/07/2013, 14:26 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan membangun pabrik gula terbesar di Indonesia. Perusahaan yang membangunnya adalah sinergi antara PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, XI, dan XII.

Sinergi tiga anak usaha BUMN tersebut akan membentuk perusahaan patungan yang bernama PT Industri Gula Glenmore (IGG). Proyek pertama pabrik gula ini akan dibangun di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Ini adalah sinergi antarperusahaan BUMN dan akan menjadi pabrik gula terbesar di Indonesia," kata Dahlan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Dahlan menambahkan, pabrik gula ini akan menempati lahan seluas 102,4 hektar. Sementara itu, total investasi untuk membangun pabrik ini mencapai Rp 1,5 triliun.

Dana investasi ini akan diperoleh dari patungan dana dari ketiga perusahaan BUMN sebesar 30 persen dan sisanya dari pinjaman perbankan. Pihak perbankan yang siap mendanai proyek tersebut antara lain Bank Mandiri, BRI, Bank Bukopin, dan Bank Jatim.

Pabrik ini sudah memulai kegiatan pembangunannya sejak Desember 2012. Rencananya pabrik ini akan selesai pada Juni 2015 mendatang. Untuk membantu pembangunan proyek ini, ketiga BUMN perkebunan tersebut akan melibatkan salah satu BUMN, PT Rekayasa Industri (Rekin), yang akan konsorsium dengan PT Weltws Energi Utama.

"Jadi, Rekin ini akan menjadi kontraktor pembangunan pabrik gula tersebut. Sebab, Rekin merupakan perusahaan engineering, procurement, construction (EPC), yang dimiliki BUMN dan berpotensi besar ke depan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com