Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omzet Waralaba di Semester I 2013, Lampaui 50 Persen Realisasi 2012

Kompas.com - 24/07/2013, 05:37 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Omzet bisnis waralaba di Indonesia sepanjang semester pertama 2013, disebut telah melampaui 50 persen realisasi selama 2012. Sepanjang tahun lalu, omzet bisnis waralaba tercatat Rp 114 triliun.

"Pada semester I tahun ini omzet waralaba mencapai 50 persen dari realisasi tahun lalu. Hal ini melihat perkembangan usaha waralaba di Indonesia yang makin bertumbuh," kata Kepala Seksi Direktorat Bina Usaha Kementrian Perdagangan, Iqbal Sofwan, Selasa (23/7/2013). Dia mengatakan sebagian besar pendapatan itu berasal dari waralaba di bidang otomotif, pendidikan, kuliner dan agen wisata.

Iqbal mengatakan tantangan utama bisnis waralaba nasional adalah peningkatan daya saing, jejaring fisik maupun non-fisik, dan fasilitas layanan. "Ini juga ke depan untuk meningkatkan omzet," kata dia.

Selain meningkatkan kapasitas, lanjut Iqbal, peningkatan iklim usaha yang kondusif juga menjadi tantangan lain bagi bisnis ini. Salah satu strategi pemerintah atas masalah ini, sebut dia, adalah reformasi perpajakan dan birokrasi. Apalagi saat ini sudah semakin mendekati penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN, yang dijadwalkan mulai berlaku pada 2015.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com