Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RAPP Alokasikan Dana CSR Rp 9 Miliar

Kompas.com - 24/07/2013, 10:12 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

PANGKALAN KERINCI, KOMPAS.com - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) rata-rata mengalokasikan dana untuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) sebesar Rp 9 miliar per tahun.

Head of CSR RAPP Amru Mahalli menjelaskan, dana tersebut dialokasikan untuk pendampingan sekitar 3.300 petani yang ada di wilayah kerja perusahaan. "Selain itu, kami juga melakukan pendampingan kepada pelaku usaha kecil dan menengah yang selama ini menjadi mitra perusahaan," ujarnya Selasa (23/7/2013) sore.

Sementara itu, Head of Corporate Communication RAPP Djarot Handoko menjelaskan khusus untuk pendampingan mitra perusahaan, pihaknya memfasilitasi pelaku usaha untuk bisa mendapatkan fasilitas pendanaan dari bank.

Hal itu lantaran mitra usaha RAPP membutuhkan modal untuk usaha, seperti halnya untuk pembelian kendaraan angkutan, alat berat, dan sebagainya.

Salah satu mitra usaha RAPP, M. Thamrin (33) mengaku pendapatan usahanya dari kemitraan bisnis ini mencapai Rp 3 miliar per bulan dan keuntungan bersih sekitar Rp 500 juta per bulan.

Dia mendapatkan kontrak pekerjaan di RAPP antara lain pembersihan kanal, membersihkan rumput, hingga pemanenan kayu di hutan tanaman industri (HTI) milik RAPP. "Saat ini jumlah tenaga kerja yang saya miliki mencapai 300 orang, dan untuk alat berat saya memiliki 6 unit," terangnya.

Untuk pembinaan kepada petani, salah satu program RAPP adalah mengembangkan tanaman organik. Selain itu juga ada pembibitan ternak sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com