Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal II, Pertumbuhan Ekonomi AS Capai 1,7 Persen

Kompas.com - 31/07/2013, 20:04 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perekonomian Amerika Serikat pada akhir kuartal II-2013 tercatat tumbuh 1,7 persen. Pencapaian itu melampaui perkiraan banyak analis yang sebelumnya memperkirakan pertumbuhan hanya di level 1,1 persen.

Departemen Perdagangan AS menyatakan naiknya pertumbuhan itu merefleksikan naiknya persediaan lantaran belanja konsumen yang melandai.

Naiknya jumlah lapangan kerja dan hanra rumah mendongkrak kepercayaan atas perekonomian AS. Laporan dari kementerian Perdagangan AS juga menunjukkan penurunan inflasi yang jauh di bawah sasaran Federal Reserve.

Departemen Perdagangan juga menerbitkan revisi data yang komprehensif pada laporan yang dirilis hari ini, yang menunjukkan pemulihan dari resesi terburuk AS di era II pasca-Perang Dunia telah lebih kuat dari perkiraan sebelumnya. Setahun sebelumnya, ekonomi AS tumbuh 1,4 persen.

"Ada tanda-tanda menggembirakan ekonomi dapat menahan pengendalian fiskal," kata Stuart Hoffman, kepala ekonom di PNC Financial Services Group yang berbasis di Pittsburgh.

Sebelumnya, Hoffman memproyeksikan PDB AS naik 1,5 persen sebelum laporan tersebut dirilis. "Semuanya terlihat dan terasa lebih baik. Kita harus melihat babak kedua umumnya lebih baik daripada babak pertama, dan yang kedua lebih kuat setengah tahun ini dibandingkan tahun lalu. "

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com