Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersaing dengan Perusahaan Asing, Pekerja dan Pengusaha Harus Bersatu

Kompas.com - 01/08/2013, 20:20 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengajak seluruh kalangan pengusaha dan pekerja untuk bersatu sehingga bisa bersaing dengan perusahaan lain di luar negeri.

"Sekarang ini antara pengusaha dengan serikat pekerja seakan merupakan sebagai lawan. Padahal persaingan ekonomi kita itu dengan luar negeri, bukan sesama kita sendiri. Kita harus bersatu," kata Sofjan dalam sambutannya di acara Silahturahmi dan Buka Puasa Bersama Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Apindo dengan Serikat Pekerja di Jakarta, Kamis (1/8/2013).

Dia mengatakan bahwa perselisihan antara pengusaha dengan pekerja dapat dimanfaatkan oleh pihak asing sebagai keuntungan. Oleh karena itu, menurut dia, perlu adanya pembicaraan informal antara pengusaha dengan serikat pekerja untuk memikirkan langkah-langkah ke depan.

"Di negara kita sulit bersatu sekarang karena kepentingan sesaat, kepentingan kelompok saja. Ini perlu kita adakan dialog, renungkan bersama. Para pengusaha dan serikat pekerja harus memikirkan bersama-sama bagaimana caranya bertahan menghadapi tantangan ekonomi ke depan," ujar dia.

Sofjan memperkirakan tahun politik 2014 akan memberikan banyak pengaruh bagi sektor usaha, yang perlu dijawab dengan pikiran jernih baik oleh pengusaha maupun pekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com