Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deputi Gubernur BI yang Baru Fokus Tangani Inflasi

Kompas.com - 02/08/2013, 13:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah secara resmi dilantik menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Hendar Harahap mengatakan dalam jangka pendek ia akan meminimalkan dampak inflasi.

"Untuk jangka pendek, saya bersama-sama anggota dewan gubernur lain akan berusaha meminimalkan dampak ekspektasi inflasi yang masih tinggi," kata Hendar setelah pelantikan dirinya di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta (2/8/2013).

Transaksi berjalan, kata Hendar, juga memiliki pengaruh terhadap jangka pendek karena defisitnya cukup lama. Oleh karena itu, ia dan para anggota dewan gubernur akan fokus pada upaya mengendalikan stabilitas.

"Saya bersama dengan anggota dewan gubernur lainnya akan fokus mengendalikan stabilias untuk mengembalikan kepercayaan pasar," ujar Hendar.

Dalam pelaksaannya, Hendar menyatakan pentingnya koordinasi dengan otoritas pemerintah lainnya. Hal ini karena defisit neraca berjalan, inflasi, dan perekonomian global tidak bisa ditangani hanya dengan instrumen kebijakan moneter BI sehingga harus dilakukan koordinasi yang kuat.

Respon yang sudah dilakukan BI, dalam bentuk kenaikan BI rate, kebijakan macroprudential, dan koordinasi akan terus dievaluasi, ungkap Hendar.

"Kami juga akan memonitor kebijakan-kebijakan yang sudah diambil tersebut," kata Hendar.

Hendar Harahap hari ini, Jumat (2/8/2013) secara resmi dilantik sebagai Deputi Gubernur BI menggantikan Muliaman Haddad. Pengambilan sumpah jabatan Hendar dilakukan pagi ini di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com