Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Penumpang Citilink Naik 25 Persen

Kompas.com - 13/08/2013, 14:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -Lebaran tahun ini, maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier (LCC) terjadi peningkatan penumpang. Peningkatan penumpang tersebut mencapai 5.000 orang atau penambahan sebesar 25 persen dibanding hari biasa.

Arif Wibowo, Chief Executive Officer (CEO) Citilink Indonesia, mengatakan, pada hari biasa dalam sehari Citilink mengangkut sebanyak 20.000 penumpang. Sedangkan pada masa Lebaran Citilink berhasil mengangkut sebanyak 25.000 penumpang per hari.

"Periode H-7 dan H+7 (lebaran) ada 25.000 tempat duduk yang terisi per hari. Biasanya per hari hanya 20.000 tempat duduk yang terisi," kata Arif di Jakarta, Selasa (13/8/2013).

Arif menuturkan, untuk wilayah yang paling signifikan terjadinya lonjakan penumpang adalah di Pulau Jawa seperti tujuan ke Surabaya dan Semarang. Untuk wilayah luar Pulau Jawa peningkatan paling banyak ke daerah tujuan Denpasar, Pekanbaru, Ujung Pandang dan Balikpapan. "Kenaikan tetap paling banyak ke pulau Jawa," ujarnya.

Dengan adanya peningkatan penumpang pada periode lebaran dan kenaikan tarif saat lebaran, membuat pendapatan Citilink di semester kedua meningkat dibandingkan semester pertama 2013. Namun, Arif enggan mengungkapkan angka pendapatan dari melonjaknya penumpang disaat lebaran. "Belum lah nanti dibicarakan dengan Garuda dulu," pungkasnya. (Muhammad Zulfikar )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com