Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Rate Ditahan di 6,5 Persen

Kompas.com - 15/08/2013, 16:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia memutuskan untuk menahan suku bunga acuan (BI Rate) di level 6,5 persen.

Direktur Komunikasi BI, Peter Jacobs menjelaskan bahwa bank sentral akan memperkuat bauran kebijakan untuk pengendalian inflasi.

Untuk itu, BI akan melakukan penguatan operasi moneter untuk mengintensifkan pengendalian ekses likuiditas yang cenderung meningkat pasca Ramadhan.

"Dalam hal ini, Bank Indonesia akan menerbitkan Sertifikat Deposito Bank Indonesia (SDBI) dan menyempurnakan ketentuan GWM-LDR untuk memperkuat penyaluran kredit dan penghimpunan dana yang prudent, serta menyempurnakan GWM Sekunder untuk memperkuat manajemen likuiditas perbankan," jelasnya Kamis (15/8/2013).

Selanjutnya, stabilisasi nilai tukar jangka panjang rupiah tetap dilakukan sesuai dengan kondisi fundamental perekonomian, dan sekaligus untuk pengelolaan neraca pembayaran yang lebih sustainable.

Bank Indonesia juga akan melakukan langkah-langkah pengawasan bank (supervisory actions) untuk mengendalikan pertumbuhan kredit yang dinilai masih relatif tinggi pada sejumlah bank dan sektor tertentu, termasuk yang mempunyai kandungan impor tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com