Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Melambat, Bank Harus Menjaga Likuiditas

Kompas.com - 23/08/2013, 11:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti menyatakan perbankan harus menjaga likuiditasnya dalam menyikapi perlambatan pertumbuhan ekonomi Tanah Air. Upaya menjaga likuiditas tersebut menurut Destry dapat dilakukan dengan pembatasan ekpansi kredit.

"Perbankan harus lebih hati-hati, lebih prudent. Pertumbuhan kredit 18 persen (atau) 17 persen tidak masalah," ungkap Destry saat ditemui di Bursa Efek Indonesia, Kamis (22/8/2013).

Ia menyatakan pada kondisi perekonomian yang seperti ini, semua harus slow down. Menurutnya dalam kurun 2 tahun terakhir investasi sudah cukup besar. Yang harus dilakukan saat ini adalah mengutilisasi likuiditas yang telah ada secara efektif.

Lebih lanjut, Destry mengungkapkan masalah baru berupa tingginya rasio kredit bermasalah akan timbul bila perbankan memaksakan mengejar sektor kredit. Menurutnya kondisi ekonomi saat ini terjadi karena labilnya perekonomian global dan besarnya defisit neraca berjalan dalam negeri.

"Kalau defisit ini surplusnya tidak bisa menutup, currency kita akan tertekan. Kalau currency kita tertekan, kondisinya seperti sekarang," kata Destry.

Destry berharap pemerintah mengambil langkah jelas mengenai tantangan ekonomi jangka menengah dan panjang, peningkatan kualitas tenaga kerja, dan membangun kawasan industri serta infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com