Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Pemda Harus Berkontribusi Kuatkan Nilai Tukar Rupiah

Kompas.com - 26/08/2013, 13:27 WIB


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Presiden RI Boediono menilai, terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, tak bisa diatasi hanya oleh pemerintah pusat. Menurutnya, pemerintah daerah harus ikut berkontribusi untuk kembali menguatkan anjloknya nilai tukar rupiah tersebut.

Hal itu, ditegaskan Boediono ketika membuka secara resmi Rapat Kerja Evaluasi Realisasi Belanja Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah pada Semester I Tahun 2013, di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Gedung Agung, Senin (26/8/2013).

"Kondisi perekonomian dan keuangan Indonesia melemah karena dollar AS tengah menguat. Untuk mengatasinya, tidak bisa hanya diserahkan kepada Menteri Keuangan atau Gubernur BI saja, tapi perlu kontribusi pemerintah daerah," kata Boediono.

Dalam praktiknya, kata dia, pemda di seluruh Indonesia bisa ikut membantu menguatkan nilai tukar rupiah dengan cara mengefektifkan serta mengoptimalisasi pemakaian anggaran belanja tahun 2013.

"Realisasi anggaran belanja yang ada dalam ABPD setiap daerah tahun 2013, harus dioptimalisasikan, sepanjang 97 hari kerja yang tersisa pada tahun ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com