Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pasar Tak Puas, Rupiah Masih Loyo

Kompas.com - 26/08/2013, 13:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rupiah masih belum bertenaga pada awal pekan ini (26/8/2013). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 11.58 WIB, rupiah melemah 0,7 persen menjadi Rp 10.855 per dollar AS. Ini merupakan level terlemah sejak April 2009 lalu. Pelemahan rupiah di pasar spot pada pekan lalu mencapai 3,7 persen yang merupakan pelemahan mingguan terburuk sejak November 2008.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan nilai tukar rupiah di pasar non deliverable forward (NDF) untuk pengantaran satu bulan ke depan, posisi rupiah di pasar spot lebih premium 4,9 persen. Asal tahu saja, nilai tukar rupiah di pasar NDF untuk pengantaran satu bulan keok 1,3 persen menjadi 11.412 per dollar AS.

Pelemahan rupiah dipicu oleh kecemasan pelaku pasar bahwa kebijakan yang diambil Pemerintah Indonesia saat ini belum cukup untuk mengangkat kembali pamor rupiah.

Seperti yang diketahui, pada 2 Agustus lalu, Menteri Keuangan Chatib Basri menjelaskan, Indonesia akan menawarkan pemangkasan pajak bagi perusahaan berorientasi ekspor untuk mengerek penjualan luar negeri dan mengurangi defisit neraca perdagangan. Pada hari yang sama, Bank Indonesia (BI) juga mengumumkan sejumlah kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan suplai mata uang asing.

"Kebijakan-kebijakan tersebut bertujuan untuk mengatasi isu struktural dalam jangka menengah-panjang. Sementara pelaku pasar mengharapkan kebijakan cepat dalam menghadapi pelemahan rupiah," papar Eric Alexander Sugandi, ekonom Standard Chartered Plc, kepada Bloomberg.

Dia menambahkan, bukan berarti kebijakan tersebut buruk. "Hanya saja, dampak dari kebijakan itu baru akan terasa setidaknya satu bulan ke depan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com