Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Kedelai Justru Bikin Harga Tak Stabil

Kompas.com - 28/08/2013, 13:41 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perajin tempe dan tahu menjerit lantaran harga kedelai sebagai bahan baku pembuatan menyentuh level Rp 9.300 per kg.

Di sejumlah daerah, para pengrajin tahu dan tempe mengurangi produktivitas akibat anjloknya permintaan makanan rakyat tersebut. Dari catatan, perajin di Semper-Jakarta Utara, Pamulang-Tangerang Selatan, serta Cipondoh-Tangerang terpaksa merumahkan beberapa karyawan untuk sementara waktu.

Saat ditanya wartawan perihal itu, Menteri Pertanian, Suswono, mengakui ketergantungan kedelai impor membuat harga di tingkat pengrajin menjadi tidak stabil. "Ya pasti lah (mahal), ini kan barang impor. Akibat depresiasi rupiah ini kan (harga) jatuhnya lebih mahal," ujarnya, Rabu (28/8/2013).

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi, untuk memperbaiki nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Pertama adalah perbaikan neraca transaksi berjaln dan menjaga nilai tukar rupiah. Kedua, adalah pemberian insentif. Ketiga adalah menjaga daya beli masyarakat dan menjaga tingkat inflasi, dan yang terakhir adalah percepatan investasi.

Suswono berharap paket kebijakan tersebut bisa membuat kondisi menjadi lebih baik. "Paket kebijakan sudah ada. Tinggal impelemntasi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com