Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Sudah Naik 20 Persen dari Level Terendah

Kompas.com - 29/08/2013, 08:10 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -  Harga emas telah maju secara kuat dalam dua minggu terakhir, dan telah meningkat setidaknya 20 persen dari terendah intra-hari 1.180 dollar pada 28 Juni 2013.

Sepanjang Agustus saja, harga emas telah naik delapan persen. Namun secara tahunan, harga emas masih turun hampir 16 persen.

Namuh,  pada perdagangan di divisi COMEX New York Mercantile Exchange Rabu (28/8/2013) waktu setempat (Kamis pag WIB), harga emas berjangka sedikit menurun karena beberapa aksi ambil untung.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 1,4 dollar AS, atau 0,1 persen, menjadi menetap di 1.418,8 dollar AS per ounce.

Tetapi kerugian itu terbatas mengingat kemungkinan serangan militer Barat pimpinan Amerika Serikat terhadap Suriah.

"Tidak ada yang seperti ancaman aksi militer yang dapat membawa investor kembali ke emas. Harga emas hanya konsolidasi pada tingkat resistensi sebelum bergerak naik lebih jauh," kata analis pasar.

Analis pasar percaya bahwa permintaan emas dari Timur Tengah meningkat sebagai akibat dari situasi tegang di Suriah, di samping permintaan dari Asia.

Perak untuk pengiriman September turun 26 sen, atau 1,05 persen, menjadi ditutup pada 24,391 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik delapan dolar AS, atau 0,52 persen, menjadi ditutup pada 1.540,1 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com