Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMGR Siapkan Rp 500 Miliar untuk "Buy Back" Saham

Kompas.com - 29/08/2013, 13:16 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) akan menggandeng dua sekuritas BUMN terkait rencana beli kembali (buyback) saham. Hal ini untuk mengantisipasi pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir-akhir ini.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, perseroan memang masih belum bisa memutuskan apakah akan buyback saham atau tidak. Namun rencana ini masih dikaji baik oleh tim manajemen sekaligus sekuritas.

"Kami masih melihat perkembangan market, dalam satu atau dua hari ini kita lihat lagi keadaannya. Jika turun jauh, kita buyback, tapi kalau naik, kita tidak jadi buyback. Kita akan gandeng Danareksa Sekuritas dan Mandiri Sekuritas," kata Dwi saat ditemui di kantor MNC Tower Jakarta, Rabu (28/8/2013) malam.

Akhir pekan lalu, harga saham SMGR masih berada di level Rp 13.450 per saham. Harga saham perseroan pernah di level terendah di pekan ini di level Rp 11.450 per saham pada Rabu (28/8/2013) pukul 11.45 wib.

"Kas kami masih kuat, per semester I-2013 ada sekitar Rp 3 triliun, itu cukup. Kami telah siapkan Rp 200 miliar-Rp 500 miliar untuk buyback," ujar dia.

Sekretaris Perusahaan Semen Indoensia Agung Wiharto menambahkan, saat ini manajemen sedang mempelajari isi dari peraturan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), khususnya terkait dibolehkannya aksi buyback saham bila terjadi penurunan IHSG.

"Dalam melaksanakan buyback, kita punya ketentuan batas penurunannya dan saat ini sedang dikaji terkait kapan harus melakukan buyback dan diharga berapa saham Semen Indonesia akan kami buy back," kata Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com