Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegangan Suriah Makin Kokohkan Harga Emas

Kompas.com - 29/08/2013, 14:59 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Harga emas terus bangkit dalam tiga bulan ini, menyusul naiknya ketegangan di Suriah, serta rencana Federal Reserve mengurangi stimulus ekonominya.

Di Singapura, harga emas pada perdagangan siang ini, Kamis (29/8/2013) sempat turun tipis sebesar 0,9 persen menjadi 1.404,88 per ounce pada pukul 2.51 p.m. Penurunan itu adalah pertama kalinya, setelah dalam 6 hari harga logam mulia ini naik terus menerus.

Kemarin, harga emas menyentuh 1.433,83 dollar AS per ounce, atau tertinggi sejak 14 Mei, sehubungan dengan naiknya kekhawatiran terhadap rencana serangan AS ke Suriah.

Sementara itu, data perekonomian AS menunjukkan bahwa PDB negara tersebut berkembang melampaui perkiraan sebelumnya, sedangkan aplikasi untuk mendapatkan manfaat atas pengangguran yang diajukan penduduk negara itu menurun.

“Apakah pengurangan stimulus oleh the Fed akan dimulai, hal itu tergantung pada data, sehingga investor akan menunggu, apakah data tersebut menguat ataukah melemah," jelas Alexandra Knight, ekonom dari National Australia Bank Ltd.

Sementara itu, data pemerintah yang dirilis hari ini menunjukkan, pertumbuhan ekonomi AS naik 2,2 persen pada kuartal II tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com