Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 2 Hari, 55 Penerbangan Lion Air Terlambat

Kompas.com - 03/09/2013, 16:45 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Umum PT Lion Air, Edward Sirait, mengatakan sebanyak 55 penerbangan mengalami keterlambatan antara Minggu-Senin, sehubungan dengan masalah ketenagakerjaan yang terjadi di Bali.

"Minggu saja ada 35 penerbangan yang delay, 20 flight pada hari Senin," kata Edward, di kantor pusat Lion Air, di Jl.Gadjah Mada No.7, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Keterlambatan jadwal penerbangan (delay) pada Minggu (1/9/2013) antara 1-6 jam. Sementara keterlambatan pada hari Senin (2/9/2013) sudah lebih singkat menjadi, 1 hingga 3 jam.

Keterlambatan penerbangan berawal dari penerbangan di Bali, pada Minggu. Pada hari itu tiga pilot tidak masuk karena sakit flu. Kondisi itu lanjut Edward semakin sulit karena pilot cadangan juga sedang bertugas.

Adapun, pilot yang sudah terbang mendekati limit operasional kerja 14 jam, dan hanya mampu landing sebanyak empat kali. Padahal seharusnya bisa enam kali landing dalam satu hari.

Akibatnya, pilot pengganti baru tiba di bandar udara Ngurah Rai pada pukul 8-9 WITA, hari Minggu. "Akhirnya flight hari pertama (Minggu), baru selesai jam 1 malam. Kecuali (penerbangan menuju) Solo, yang harus ditunda," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Edo itu mengatakan penumpang yang akan terbang ke Solo, sudah berada dalam pesawat pada 22.45 WITA. Ketika pilot minat izin untuk push back, datang petugas ATC yang tidak mengijinkan penerbangan.

"Kita sudah minta extend 1 jam, karena di Solo (Adi Sumarmo) tutup jam 21.00 WIB. Kita minta lagi tidak boleh. Akhirnya ditunda jam 05.00 WITA," jelas Edward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com