Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala LPS: Bank Mutiara Akan Dijual Dengan Harga Terbaik

Kompas.com - 03/09/2013, 17:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara ditanya oleh Komisi XI DPR mengenai Bank Mutiara.

Mirza mengatakan Bank Mutiara akan dijual dengan harga terbaik. "Kami (LPS) harus divestasi dalam 5 tahun, dan jatuh tempo bulan November 2013. Di tahun keenam dibolehkan untuk menjual dengan harga terbaik. (Tahun) 2014 (Bank Mutiara) akan dijual dengan harga terbaik," kata Mirza di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Mirza mengatakan bulan November 2013 adalah periode terakhir bagi LPS untuk melepas Bank Mutiara seharga Rp 6,7 triliun. Mengacu pada UU LPS, pada tahun depan lembaga penjamin smpanan memungkinkan untuk melepas Bank Mutiara dengan harga terbaik.

"Harga terbaik itu bisa di atas atau di bawah Rp 6,7 triliun," jelasnya. Namun, Mirza menegaskan angka Rp 6,7 triliun tersebut tidak ada kaitannya dengan untung ataupun rugi, melainkan penyelamatan ekonomi.

Mirza menyebut sebelumnya terdapat dua calon investor yang memenuhi kualifikasi. Namun sayangnya, dua calon investor itu tak berhasil karena tidak mengajukan penawaran kembali. "Tahun ini kami (LPS) sudah tutup. Sebelumnya ada dua (calon investor), tapi mereka tidak menyampaikan penawaran," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com