Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Saing RI Melonjak, Ini Tanggapan Hatta

Kompas.com - 04/09/2013, 15:38 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Global Competitiveness Report yang dirilis Forum Ekonomi Dunia (WEF), daya saing Indonesia naik hingga 12 tingkat ke posisi 38. Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengapresiasi hasil laporan tersebut. Hal ini berarti Indonesia sudah mulai dilirik asing terkait daya saingnya.

"Kita bersyukur daya saing kita meningkat. Kalau kita bicara daya saing, banyak faktor ada diukur. Artinya sumber daya manusia (SDM) meningkat. Ada juga tingkat governance-nya," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Di sisi lain, pemerintah Indonesia juga sudah mulai membenahi soal perizinan terutama untuk investasi asing ke dalam negeri hingga kemudahan berinvestasi di domestik. Dari sisi reformasi birokrasi, pemerintah dianggap mampu meningkatkan pelayanan publik sehingga orang tidak bisa lagi menambah pegawai yang memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Ini akan bermuara pada peningkatan pelayanan publik. Begitu juga soal korupsi, betul masih ada, tapi kan ini relatif, ada tren (menurun)," jelasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com