Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Rate Naik, Perusahaan Pembiayaan Paling Terpukul

Kompas.com - 05/09/2013, 20:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari awal tahun hingga hari ini, Bank Indonesia (BI) sudah beberapa kali menaikan suku bunga acuan (BI rate). Terbaru, BI menaikan BI rate menjadi 7 persen dari sebelumnya 6,5 persen.

Berbicara soal kenaikan BI rate, maka yang paling terkena imbasnya adalah sektor jasa keuangan. "Di situ ada perbankan, jasa pembiayaan, dan sekuritas," imbuh Hendro Utomo, Senior VP Financial Institution Ratings PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), Kamis (5/9/2013).

Tapi, lanjut Hendro, dari ketiga jenis perusahaan tersebut, maka sektor pembiayaan yang paling besar terkena eksposur kenaikan BI rate. Soalnya, perusahaan pembiayaan masih mengandalkan sumber dana dari pinjaman bank sehingga beban bunga meningkat dan pada akhirnya operasional perusahaan pembiayaan akan terpengaruh.

Kondisi ini makin dipersulit dengan level rupiah yang terus melemah. Belum lagi inflasi, yang meskipun secara bulanan mengalami penurunan namun secara tahunan angkanya sudah cukup tinggi yakni telah menyentuh 8,79 persen.

"Jadi, sudah bisa dilihat dampaknya seperti apa. Beban bunga meningkat, nilai kurs bergejolak sehingga mempengaruhi debitur dalam membayar kewajiban dalam bentuk utang baik terhadap perbankan. Inflasi juga telah menyebabkan permintaan akan barang dan jasa dari sektor pembiayaan melemah," tutur Hendro. (Dityasa H. Forddanta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com