Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Stok Kedelai Harus Segera Disalurkan

Kompas.com - 10/09/2013, 15:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Perekonomian RI Hatta Rajasa meminta pihak-pihak terkait untuk segera menambah supply dan menyalurkan stom kepada para pengrajin tahu dan tempe.

"Yang pertama supply ditambah. Stok yang ada disalurkan segera untuk para pengrajin tahu dan tempe," kata Hatta kepada wartawan di Hotel Four Seasons, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Selain itu, Hatta juga mengaku pemerintah telah membicarakan tentang harga yang bisa diserap oleh para pengrajin tahu dan tempe. Terkait dengan pemogokan nasional pengrajin tahu dan tempe, Hatta mengungkapkan dirinya telah melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan mengenai masalah itu.

"Kemarin Mendag sudah bertemu dan menjelaskan juga kepada saya. Akan ada respons untuk memasok kepadaa koperasi-koperasi atau pengrajin tahu dan tempe," ujarnya.

Seperti diketahui, harga kedelai saat ini menembus harga Rp 10.000 per kilogram. Harga normal kedelai kira-kira mencapai sekitar Rp 7.000 per kilogram.

Kenaikan harga kedelai ini berakibat pada keputusan para pengrajin untuk berhenti berproduksi. Mereka melakukan mogok nasional antara 9 hingga 11 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com