Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Jakarta Sumbang 22,5 Persen Inflasi Nasional

Kompas.com - 13/09/2013, 14:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D W Martowardojo mengatakan, DKI Jakarta menyumbang 22,5 persen inflasi nasional.

"Jakarta ternyata berperan 22,5 persen dari inflasi nasional. Jadi, kalau inflasi di Jakarta terkendali, otomatis inflasi nasional juga terkendali karena banyak distribusi-distribusi melalui Jakarta," kata Agus di kantornya, Jumat (13/9/2013).

Selain itu, Agus juga mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Jakarta selalu di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Jakarta, lanjutnya, menyumbang 18 persen pertumbuhan ekonomi nasional.

"Namun, pada 2 tahun sebelum 2013 itu, di tahun 2011 dan 2012, inflasi Jakarta lebih tinggi dari inflasi nasional."

Namun, Agus menyatakan bahwa BI senang lantaran selama 2 kuartal terakhir tahun 2013, inflasi di Jakarta bisa lebih rendah dari inflasi nasional. "Sehingga kita meyakini inflasi yang bisa menggerus kesejahteraan rakyat sudah lebih terkendali di Jakarta," katanya.

Pagi ini Agus melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membahas langkah-langkah strategis yang menjadi fokus program stabilisasi inflasi provinsi DKI Jakarta.

"Insya Allah dengan pertemuan tadi inflasi akan terus dikelola dan dijaga supaya betul-betul bisa terkendali," kata Agus.

Agus mengaku sangat menghargai kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dan BI untuk bisa menjaga inflasi dan bersama-sama membangun ekonomi Jakarta dan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com