Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM, Kementan, dan Kemenag Buka Lowongan PNS

Kompas.com - 17/09/2013, 10:47 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga kementerian atau lembaga ini membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (PNS) yaitu Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, khusus BKPM akan menyaring 83 CPNS yang akan menduduki 38 jabatan analis. Ketua Panitia Pengadaan CPNS BKPM Tahun 2013 Parwoto Taruno dalam pengumumannya tertanggal 12 September 2013 menyebutkan, dari 83 formasi, BKPM menyediakan satu formasi untuk penyandang cacat (disabilitas), yaitu untuk satu formasi (ekonomi/komputer/hukum/teknik inromatika).

Parwoto Taruno menyebutkan, bagi pelamar yang berminat dapat menulis dan menandatangani sendiri surat lamaran menggunakan tinta hitam dengan mencantumkan biodata antara lain nama, tempat/tanggal lahir,status perkawinan,alamat jelas, dan nomor telepon/HP yang ditujukan kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal cq. Panitia Pengadaan CPNS BKPM Tahun 2013 Jalam Jenderal Gator Subroto No. 44 Jakarta 12190.

“Pelamar mencantumkan pada sudut kiri atas depan amplop lamaran: Jabatan dan kualifikasi pendidikan serta menambah Penyandang Cacat bagi pelamar penyandang cacat,” katanya.

Ia menyebutkan, surat lamaran harus sudah diterima Panitia Pengadaan CPNS BKPM Tahun 2013 paling lambat 27 September 2013 (bukan tanggal stempel pos/perusahaan jasa pengiriman dokumen). “Masyarakat yang berminat juga dapat mengakses informasi resmi seleksi CPNS BKPM Tahun 2013 di situr BKPM www.bkpm.go.id,” ujar Parwoto.

Sedangkan Kementerian Pertanian membutuhkan 695 calon PNS yang akan ditempatkan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia.

Untuk setiap formasi jabatan sesuai lokasi penempatan yang dilamar, tersedia kuota formasi jabatan 1 : 35, dan apabila telah memenuhi kuota yang ditetapkan maka secara otomatis sistem akan terkunci.

Panitia Pengadaan CPNS Kementerian Pertanian tidak menerima surat lamaran yang diantar langsung. Pendaftaran pelamar dapat dilakukan melalui website Kementerian Pertanian di http://cpns.deptan.go.id dalam periode pendaftaran on-line akan diumumkan kemudian. Untuk itu para pelamar diimbau untuk selalu memonitor menu agenda kegiatan pada website resmi pengadaan CPNS.

Sementara Kementerian Agama menerima pendaftaran 396 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari berbagai disiplin ilmu yang akan mengisi lowongan dosen dan laboran untuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)/ dan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) di sejumlah daerah di tanah air.  Pendaftaran CPNS untuk dosen dan laboran ini dimulai 14 - 28 September 2013.

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama Mahsusi dalam pengumumannya menyebutkan, formasi untuk CPNS dosen dan laboran ini tersedia untuk IAIN Ar Raniry Banda Aceh; IAIN Raden Fatah Palembang; IAIN Surakarta; IAIN Sunan Ampel Surabaya; IAIN Bengkulu; STAIN Padang Sidempuan; STAIN Tulungagung; STAIN Pontianak; STAIN Datikorama Palu; STAIN Ternate; STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Utara dan STAKN Kupang.

“Pendaftaran melalui situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 14-28 September 2013,” tulis Mahsusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com