Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa : Calon Wamenkeu dari Internal

Kompas.com - 18/09/2013, 13:26 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa memberi bocoran soal pengganti Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar yang saat ini dikabarkan menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Bocorannya untuk pengganti Mahendra berasal dari orang dalam," kata Hatta di kantornya, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Sayangnya, Hatta masih enggan menjelaskan siapa orang dalam yang berpotensi menggantikan Mahendra Siregar tersebut.

Ditemui terpisah, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin menjelaskan masih belum mengetahui secara pasti penunjukan Mahendra Siregar menjadi Kepala BKPM dari Presiden SBY. Namun untuk posisi Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan ini memang hak prerogatif Presiden dan bisa berasal dari luar orang kementerian.

"Kalau pak Menteri Keuangan bisa handle kerjaan pak Wakil Menteri Keuangan, bisa saja. Tapi kalau memang krusial, nanti ada penggantian dari Presiden. Soal jabatan ini, memang tidak harus dari orang dalam, bisa dari luar dan itu wewenang Presiden," kata Kiagus.

Saat ini, posisi Wakil Menteri Keuangan I dipegang oleh Anny Ratnawati dan Wakil Menteri Keuangan II dipegang oleh Mahendra Siregar yang saat ini dikabarkan menjadi Kepala BKPM.

Terkait kemungkinan Bambang Brodjonegoro bisa menjadi Wakil Menteri Keuangan, Kiagus masih enggan menjelaskan. Namun yang pasti tingkat jabatan Bambang ini masih belum cukup untuk menjabat posisi tertingginya, bahkan untuk menjadi Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) karena saat ini baru sebatas pelaksana tugas (Plt).

"Pak Bambang itu tingkat jabatannya baru 4C, padahal minimal untuk menjadi Kepala BKF saja harus setingkat 4D, biar setingkaf irjen atau dirjen,"! tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com