Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Tunda Pengurangan Stimulus

Kompas.com - 19/09/2013, 03:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com — Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed), Rabu (18/9/2013), mengumumkan belum akan mengurangi stimulus senilai 85 miliar dollar AS per bulan. Pernyataan ini mengakhiri spekulasi bahwa pada bulan ini The Fed akan menggulirkan pengurangan stimulus alias tapering, menyusul kondisi ekonomi Amerika Serikat yang mulai tumbuh kembali.

Tidak mengurangi stimulus sebagaimana yang beberapa waktu lalu disinyalkan Gubernur The Fed Ben Bernanke, alih-alih bank sentral ini tersebut memangkas proyeksi pertumbuhan Amerika untuk tahun ini dan tahun depan.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) sebelumnya sudah mendapat banyak dorongan untuk mengurangi stimulus yang bentuknya adalah pencetakan uang baru untuk pembelian obligasi negara. Sinyal pengurangan stimulus mulai tahun ini dikumandangkan Bernanke sejak Mei 2013.

Meskipun ekonomi Amerika diperkirakan mulai membaik tahun ini di tengah pemangkasan anggaran belanja negara, FOMC menyatakan telah memutuskan akan menunggu lebih lama untuk melihat sejauh mana bukti perbaikan ekonomi tersebut berjalan.

The Fed menggulirkan stimulus alias quantitative easing sebagai respons atas krisis keuangan yang bermula dari skandal subprime mortgage di negara itu pada 2008. Semenjak Bernanke menggulirkan rencana tapering yang akan dilakukan tahun ini, aliran modal global berbalik arah kembali ke negara-negara mata uang utama, meninggalkan pasar negara berkembangyang sempat menikmati aliran dana setelah ekonomi Amerika terpuruk dan merembet ke Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com