Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Pasar UMKM, Telkom Geber Program SSLBB di Surabaya

Kompas.com - 20/09/2013, 04:14 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — PT Telkom Tbk terus mengembangkan beragam produk untuk menyasar konsumen dari kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penetrasi pasar khususnya pada kelompok UMKM merupakan bagian dari implementasi program Indonesia Digital Society (Indiso) khususnya INDIPRENEUR.

Program ini disebut sebagai salah satu masterpiece Indonesia Digital Network (IDN). Salah satunya adalah program SME Surabaya Luar Biasa BISA (SSLBB) di Surabaya, Jawa Timur.

"Program SSLBB ini merupakan program pengelolaan sentra UMKM di area Surabaya untuk mencapai pertumbuhan double digit PT Telkom pada 2013," kata Operation Manager Communication area Jawa Timur PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Agus Aryanto, di Surabaya, Kamis (19/9/2013). Tujuannya, meningkatkan jumlah pelanggan UMKM dan penetrasi ke komunitas melalui strategi channel development.

Divisi Telkom Timur yang meliputi area Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan Kawasan Indonesia Timur memiliki potensi pasar UMKM sangat besar. Berdasarkan data Sharing Vision 2012 di wilayah ini, terdapat 1.966.790 unit UMKM berbadan usaha dan 31.019.902 UMKM tidak berbadan usaha.

Adapun untuk Jawa Timur, terdapat 534.343 UMKM berbadan usaha dan sekitar 8.389.185 tidak berbadan usaha sehingga seluruhnya mencapai 8.923.528 unit UMKM. Dari jutaan UMKM tersebut, penggunaan layanan internet masih rendah, yang itu pun masih didominasi layanan voice dan pesan pendek atau SMS.

Sebagai pilot project, program ini akan dilakukan di wilayah Surabaya dengan difokuskan pada 2 lokasi, yaitu Darmo Trade Centre (DT) dan Kapas Krampung Plaza (Kaza). Surabaya merupakan kota metropolis dengan potensi pasar UMKM sebanyak 3,7 juta unit dengan mayoritas bergerak di sektor perdagangan besar dan eceran, akomodasi dan makan minum, serta hiburan dan perorangan.

Agus mengatakan, progam SSLBB menawarkan beberapa jenis solusi dan paketisasi antara lain bundling solution dengan konsep "More Solutions for Pay Less". Produk yang ditawarkan mencakup Paket Smart, Ultima, dan Pro.

Selain itu, ditawarkan pula single product solution "A to Z solutions" dengan konsep small denomination. "Yaitu Gerakan SERBU, serba seribu," sebut Agus.

Untuk menandai kehadiran program SSLBB di lokasi yang ditentukan, PT Telkom menyiapkan GERAI SME. Gerai ini menjadi lokasi pertemuan antara petugas PT Telkom dan pelanggan, yang juga menjadi pusat informasi produk dan solusi dan klinik konsultasi layanan, tempat pelayanan transaksi, serta interfacing point antara PT Telkom dan masyarakat secara umum.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com