Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Pasokan, Gakoptindo Kembalikan 105.000 ton Kedelai Impor

Kompas.com - 20/09/2013, 14:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan mengatakan Gabungan Koperasi Produsen Tahu dan Tempe Indonesia (Gakoptindo) mengembalikan kedelai impor sebanyak 105 ribu ton, karena kelebihan pasokan untuk produksi.

"Gakoptindo kemarin diberi izin 125 ribu ton. Tapi dikembalikan 105 ribu ton," aku Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustina, di Utan Kayu, Matraman, Jakarta, pada Jumat (20/9/2013).

Dalam surat yang dilayangkan kepada Kementerian Perdagangan, Gakoptindo mentakan hanya mampu memproduksi sebanyak 20.000 ton. Oleh karena itu, mereka mengembalikan kelebihan sebanyak 105 ribu ton.

Sementara itu, Perum Bulog yang diharapkan para perajin tahu bisa menstabilkan harga kedelai, justru mendapat kuota impor di bawah Gakoptindo, yaitu 100.000 ton. Untuk itu, banyak pihak menginginkan peranan Bulog ditambah.

"Pak Menteri (Gita Wirjawan) kan sudah bilang, tidak ada lagi kuota. Dulu dia (Bulog) ajukan 100 ribu ton. Jadi kalau kurang, Bulog silakan mengajukan lagi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com