Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksplorasi Sumur Migas, Medco Sediakan 310 Juta Dollar AS

Kompas.com - 20/09/2013, 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengaku telah memiliki 28 sumur eksplorasi di periode 2013-2014. Rinciannya, 11 sumur di Indonesia dan 17 sumur di area operasi internasional, yaitu Area 47 di Libya, Blok 82, 83 dan Blok 9 Malik di Yaman.

Untuk pengeboran sumur-sumur tersebut, perseroan menyiapkan dana 310 juta dolar AS yang terdiri dari 120 juta dollar AS di 2013 dan 190 juta dollar AS pada 2014.

Sampai Juli, penyerapannya mencapai 50 juta dollar AS. Penyerapan dana untuk penyelesaian lima sumur eksplorasi, yaitu di Matang-1 di Blok A, Aceh dan Bajul Besar-1 di Blok Simenggaris, Kalimantan Timur, serta Ras Nowmah South-1, Ras Nowmah North-1 dan Sueda-1, semua di Blok 9 Malik.

Saat ini, manajemen tengah melakukan pengeboran di Lagan Deep-1A di Blok South Central Sumatera (SCS), Sumatera Selatan. MEDC juga sedang menunggu rig spud-in yang akan dilakukan tahun ini juga, yang dimulai dengan: Salina-1 (Blok Rimau), Arung-1 (Blok SCS), Pastel (Blok Tarakan), semua berada di Indonesia, dan O2 di Area 47 (Libya), Al Shamliah dan Al Hedba Plateau-1 (keduanya di Yaman).

Lukman A. Mahfoedz, Direktur Utama MEDC dalam keterangan resminya hari ini menyatakan, manajemen fokus pada bisnis E&P, termasuk kegiatan eksplorasi untuk menemukan lebih banyak hidrokarbon.

“Meski begitu ada terdapat beberapa isu kegiatan eksplorasi di Indonesia, seperti pembebasan lahan dan proses perizinan,“ jelasnya, Jumat (20/9/2013).

Tahun depan, manajemen bakal menggarap sisa 16 sumur yang belum terselesaikan. Pengeboran yang dilakukan untuk 6 sumur di Indonesia dan 10 sumur di luar negeri diperkirakan menelan biaya 190 juta dollar AS. (Dityasa H Forddanta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com