Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Pabrik Ponsel Rp 1 Triliun, Cross Pilih Semarang

Kompas.com - 20/09/2013, 15:14 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aries Indo Global (AIG), produsen telepon seluler (ponsel) CROSS, membangun pabrik di Semarang, Jawa Tengah, dengan nilai investasi lebih dari Rp 1 triliun.

"Investasi pabriknya belum kita hitung secara pasti, tapi tidak kurang dari Rp 1 triliun," ungkap Direktur PT AIG, Edward Sofyananda, di Jakarta, pada Jumat (20/9/2013).

Pabrik tersebut merupakan pabrik pertama PT AIG. Invetasi didapat dari kas internal perusahaan, dan pinjaman dari bank, dengan rasio 50:50. Adapun luas pabrik yang akan dibangun lebih kurang 8 hektar.

Edward mengatakan, pabrik dapat mulai berproduksi tahun 2014. Pada tahap pertama setidaknya akan diproduksi 10 line ponsel, atau setara 500.000 hingga 600.000 unit. "Kita harapkan 20 persen pada produksi tahun pertama bisa masuki pasar ASEAN," kata dia.

Ditemui usai peresmian rebranding, CROSS menjadi EVERCOSS, Chief Marketing Officer PT AIG, Janto Djojo mengatakan pilihan Semarang sebagai basis produksi karena upah minimum provinsi yang lebih murah.

"Bedanya sama Jakarta Rp 1 juta kan. Lagi pula kalau ada demo, di sana, aman-aman saja," kata Djanto kepada Kompas.com, Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com