Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Bikin Hutan Kecil di Pabrik Karawang

Kompas.com - 20/09/2013, 15:18 WIB
Wisnubrata

Penulis


KARAWANG, KOMPAS.com – Melestarikan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab setiap insan di bumi, setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup sekitarnya. Hal itulah yang melatarbelakangi PT Sharp Electronics Indonesia membuat hutan mini berisi pohon-pohon langka di kawasan pabrik barunya di Karawang.

“Walaupun pabrik ini baru akan diresmikan pada bulan Februari 2014 mendatang, namun Sharp sudah mulai melakukan beragam kegiatan di sini. Salah satunya  dengan menanam 200 pohon jenis tanaman kayu dan buah langka khas Indonesia dan lebih dari 500 pohon jenis tanaman pelindung dan hias di sekeliling pabrikn," ungkap Masanobu Fujii, Vice President PT Sharp Electronics Indonesia dalam pernyataan pers yang diterima Jumat (20/9/2013).

"Sharp pun mengundang anak-anak sekolah dasar di sekitar pabrik untuk belajar mengenai lingkungan dan keanekaragaman hayati yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kecintaan anak-anak tersebut pada lingkungan sejak dini," lanjut Fujii.

‘Sharp Mini Forest’ seluas 3,234 m2ini akan ditanami pohon jenis tanaman kayu dan buah seperti Keben, Kenari Babi, Sempur, Bisbul, Dahu, Mahoni, Anyang-anyang, Ganitri, Merbau, Kopsia, Kantil dan Matoa.

Ini bukan pertama kalinya PT SEID melakukan penanaman pohon langka di lingkungan pabriknya, pada tahun 2010 PT SEID telah membuat ‘Sharp Mini Garden’ di pabrik Pulogadung sebagai upaya konservasi dan pendidikan mengenai keanekaragaman hayati Indonesia kepada karyawannya.

Selain program penanaman pohon, pada kesempatan yang sama Sharp juga menggelar kegiatan pendidikan lingkungan hidup bekerja sama dengan Telaga Desa Agro-Enviro Education Park, KIIC dengan melibatkan anak-anak sekolah dasar (SD) yang berasal dari lingkungan sekitar Sharp Karawang dan karyawannya.

Sebanyak 75 siswa SD dari 3 sekolah yakni SD Sirnabaya 1, SD Sirnabaya 2 , MI-Al-Hidayah Sirnabaya dan 20 karyawan Sharp mengikuti beragam kegiatan seperti pengenalan keanekaragaman hayati dan konservasi, pembuatan lubang biopori, penyulingan minyak kayu putih, pembuatan kompos dan di akhir sesi para siswa diajak berkeliling di area Telaga Desa untuk melihat beragam jenis pohon serta memetik sayuran yang siap panen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com