Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Perbesar Ekspor Mumpung The Fed Tunda Pemangkasan Stimulus

Kompas.com - 20/09/2013, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyatakan, Indonesia harus menggunakan waktu penundaan pengurangan stimulus The Fed untuk mempersiapkan diri.

“Bagi Indonesia, kita harus bisa menggunakan waktu di mana Federal Reserve (The Fed) masih menunda pengurangan stimulusnya untuk kita mempersiapkan diri dengan baik, baik itu reformasi struktural kita, maupun perbaikan di aspek moneter, fiskal, dan koordinasinya," kata Agus di kantornya, Jumat (20/9/2013).

Dia memandang, reformasi struktural tidak bisa ditunda lagi. Ia memberi contoh hal itu terkait infrastruktur, perburuhan, perizinan, koordinasi, dan perbaikan iklilm investasi.

"Kita melihat reformasi struktural yang tidak bisa ditunda lagi, misalnya yang terkait dengan infrastruktur, aspek perburuhan, terkait dengan perizinan, koordinasi antara pusat dan daerah, bagaimana memperbaiki iklim investasi dan khususnya ekspor kita," ungkap Agus.

Masa penundaan pengurangan stimulus oleh The Fed ini, menurut Agus, sebaiknya juga digunakan untuk melakukan berbagai macam perbaikan, antara lain dalam hal investasi.

"Tentu juga, misalnya, kita memperbaiki masalah investasi untuk menyediakan lapangan kerja, dan investasi untuk tambahan ekspor, ataupun investasi untuk membangun industri hulu kita yang cukup banyak, yang selama ini terjadi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Agus.

Seperti diketahui, Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) pada Rabu (18/9/2013) lalu memutuskan untuk menunda pengurangan stimulus (tapering) yang mereka kucurkan sejak 2008 senilai 85 miliar dollar AS per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com