Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Kebijakan Ekonomi Diklaim Berhasil Tekan Inflasi

Kompas.com - 01/10/2013, 16:40 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengklaim bahwa paket kebijakan ekonomi yang  dirilis ini mampu mengendalikan indikator perekonomian domestik dan mengatasi permasalahan yang ada.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, beberapa indikator perekonomian sudah mulai ada indikasi membaik seperti inflasi, nilai tukar rupiah hingga neraca perdagangan domestik.

"Memang ini sesuatu yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa paket kebijakan ekonomi ini sudah bekerja," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Ia menambahkan, paket kebijakan ekonomi ini sebenarnya akan terus ditindaklanjuti dengan kebijakan di masing-masing kementerian atau lembaga. Sehingga hal ini akan berefek ke indikator perekonomian lainnya.

Sepanjang Agustus 2013, neraca perdagangan Indonesia memang mengalami surplus 132,4 juta dollar AS. Namun jika dihitung sepanjang periode Januari-Agustus 2013, hal itu masih mengalami defisit sebesar 5,53 miliar dollar AS.

"Memang surplus ini masih kecil, tapi kalau dibanding Juli, ini sudah lebih bagus dan neraca perdagangan nonmigas juga terus surplus," tambahnya.

Khusus inflasi, di September 2013 ini sudah mengalami deflasi sebesar 0,35 persen. Hatta menganggap bahwa Oktober 2013 nanti juga akan terjadi deflasi lagi. "Deflasi akan terjadi lagi di Oktober. Tapi dari sisi inflasi, ini akan terjadi lagi di Desember karena pengeluaran masyarakat dan pemerintah akan lebih besar lagi di akhir tahun," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com