Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Banjir, Jokowi-Dahlan Tanda Tangani Kerja Sama Senilai Rp 1,2 Triliun

Kompas.com - 02/10/2013, 12:52 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah BUMN karya digandeng oleh Pemprov DKI Jakarta dalam penanggulangan banjir dan penyediaan air bersih Ibu Kota.

Terkait dengan hal itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menandatangani perjanjian kerja sama pembuatan waduk long storage (tampungan panjang) di hulu Sungai Ciliwung.

"Kerja sama ini akan mengurangi banjir di Ibu Kota sampai 20 persen, dan bisa menyediakan air bersih sebanyak 3.000 meter kubik," kata Dahlan dalam sambutannya seusai penandatanganan kontrak, di kantor Jokowi, Balaikota, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Pembangunan tampungan panjang akan dilakukan di empat titik di daerah Bogor secara terasering sehingga tak akan membutuhkan pembebasan lahan terlalu banyak. Proyek yang rencannya akan berjalan mulai semester-I 2014, dan akan dikerjakan oleh konsorsium BUMN-BUMD.

Perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah PT Hutama Karya, PT Perusahaan Pengelola Aset, PT Pembangunan Jaya, dan PAM Jaya. "Anggarannya 51 persen BUMN, dan 49 persen BUMD," imbuh Dahlan.

Dengan menggandeng BUMN seperti pada proyek ini, Dahlan berharap semakin banyak proyek pemerintah yang bisa direalisasikan tanpa prosedur yang berbelit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com