Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Implementasi "Branchless Banking" di Indonesia

Kompas.com - 09/10/2013, 11:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Isbandiono Subandi mengatakan, Indonesia berkepentingan untuk mengimplementasikan layanan branchless banking.  Hal ini untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan.

"Branchless banking penting karena sebagian besar daerah di Indonesia sudah terakses jaringan telepon," kata Isbandiono dalam Seminar Nasional "Peluang & Tantangan Implementasi Branchless Banking di Indonesia" di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Isbandiono menjelaskan, branchless banking adalah jaringan distribusi yang digunakan untuk memberi layanan finansial di luar kantor-kantor cabang bank melalui teknologi dan jaringan alternatif dengan biaya efektif, efisien, dan dalam kondisi yang aman dan nyaman.

"Sekarang kan masyarakat yang punya ponsel jumlahnya banyak sekali. Itu bisa dimanfaatkan untuk layanan branchless banking," ujarnya.

Tujuan branchless banking, lanjut Isbandiono, antara lain mendorong transaksi keuangan yang lebih aman, dan mencegah money laundering. "Target akhirnya adalah perluasan akses dalam layanan keuangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Isbandiono mengatakan, salah satu alasan pentingnya implementasi layanan branchless banking adalah masih rendahnya akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan formal. Indonesia, bila dibanding negara sekawasan, memiliki persentase akses layanan jasa keuangan yang rendah.

"Rasio orang dewasa Indonesia yang bertransaksi di bank hanya 19,6 persen. Sementara itu, Malaysia jauh di atas kita dengan 66,7 persen dan Filipina 26,5 persen," ujarnya.

Pengimplementasian layanan branchless banking menurutnya memang tidak mudah, khususnya dalam hal sosialisasi. Layanan ini, lanjutnya, harus menyasar ke masyarakat yang benar-benar belum terakses layanan keuangan formal (unbanked). "Yang penting dalam layanan branchless banking adalah layanan harus dipastikan cepat dan aman," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com