Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Ambil Alih SPBU Petronas di Medan

Kompas.com - 18/10/2013, 10:54 WIB


MEDAN, KOMPAS.com 
- Pertamina Region I Sumbagut resmi mengambil alih Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bekas Petronasdi Jalan Imam Bonjol Polonia Medan. Berarti secara nasional,  sudah sembilan unit SPBU eks Petronas diakuisisi Pertamina, dengan lima SPBU yang telah beroperasi.

SPBU eks Petronas ini dilabeli SPBU Company Own Company Operated (COCO) yang resmi dioperasikan sendiri oleh PT Pertamina Retail dengan dilengkapi fasilitas antara lain restoran cepat saji, toilet dan minimarket Bright.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan akan bahan bakar berkualitas, juga dihadirkan produk-produk BBM non Subsidi seperti Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertama Dex.

"Peresmian SPBU baru ini demi meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat Medan terhadap BBM. Kita lakukan akuisisi dan menjadi bukti bahwa Pertamina mampu mempertahankan pangsa pasar khususnya di sektor bisnis retail di tanah air," kata Vice President Pertamina Retail Fuel Marketing Muhammad Iskandar, Kamis (17/10/2013)

Ia optimistis pertambahan SPBU COCO milik Pertamina akan terus bertambah ke depannya, dan ditempatkan di titik-titik yang strategis.

Ekspansi ini, katanya, menyusul target perusahaan pelat merah ini ke depannya sebagai perusahaan kelas dunia. Apalagi ia yakin SPBU di Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Iskandar mengatakan,  tahun ini pihaknya memang menargetkan pembangunan SPBU COCO berbasis pada akuisisi dari SPBU eks Petronas.

"Kita menargetkan pembangunan SPBU milik sendiri atau COCO dalam satu tahun ada 12 unit. Tahun ini sudah ada penambahan 9 SPBU eks Petronas dan 6 SPBU bangun sendiri yang dimiliki Pertamina. Artinya ini melebih target. Tapi kalau memang ada tanah dijual dan sesuai ya bisa kita beli untuk bangun SPBU," katanya.

Ia mengatakan, Pertamina kini telah memiliki SPBU COCO sebanyak 97 unit di seluruh Indonesia. (ers)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com