Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Tarif Asuransi Jadi Perhatian Indonesia Rendezvous

Kompas.com - 18/10/2013, 14:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -  Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menggelar Indonesia Rendezvous (IR) ke-19 pada 23-26 Oktober 2013 di Nusa Dua, Bali.  Salah satu yang menjadi perhatian di ajang tahunan industri asuransi umum itu, adalah masalah perang tarif.

"Perang tarif yang terjadi di industri asuransi pun menjadi perhatian utama IR kali ini dan sangat diharapkan adanya persaingan yang sehat mengenai hal tersebut," ujar Koordinator Acara IR ke-19 Agus Benjamin di Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Penetapan pembentukan lembaga rating independen khusus sektor jasa asuransi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna menjaga persaingan yang sehat pun diakui Agus akan menjadi bahasan dalam acara tersebut.

"Persaingan di pasar asuransi umum Indonesia semakin ketat, khususnya di lini usaha properti. Para pelaku bisnis menyikapi permasalahan ini dengan menurunkan tarif premi sehingga mengakibatkan turunnya pendapatan premi maupun keuntungan bahkan kerugian," tambah Ketua Panitia IR ke-19 Debie Wijaya .

Acara ini merupakan acara tahunan bagi perusahaan asuransi, broker asuransi, broker reasuransi, serta perusahaan reasuransi untuk saling bertemu, berdiskusi dan menjalin hubungan dengan para mitra bisnisnya.  IR pun memberi perkembangan terkini dari industri asuransi, khususnya asuransi umum di Indonesia. 

Selain perwakilan industri asuransi dan reasuransi dalam dan luar negeri, peserta IR juga meliputi perusahaan rekanan bisnis industri asuransi, seperti teknologi informasi dan pelatihan.  Tahun ini telah tercatat sekitar 456 peserta IR dari 11 negara.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com