Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan: Naik "First Class" dengan Biaya Sendiri

Kompas.com - 24/10/2013, 15:01 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku belum pernah naik penerbangan kelas pertama (first class) dalam perjalanan dinasnya.

"Selama saya jadi menteri, saya belum pernah naik first class. Saya selalu naik business class," kata Dahlan selepas rapat pimpinan BUMN di kantor Pelindo II Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Alasan Dahlan enggan memakai first class adalah menjaga kesopan-santunan terhadap masyarakat yang ada. Di sisi lain, pemerintah memang tidak memperbolehkan para menteri menggunakan layanan penerbangan kelas satu.

Selama ini, Dahlan juga memakai biaya sendiri dalam perjalanan dinasnya, kecuali perjalanan dinas kementerian BUMN yang memang sudah diagendakan sebelumnya.

"Ini bukan sombong ya, saya kalau naik first class itu memakai biaya sendiri. Lalu saya pernah pakai business class sekali tapi dibiayai oleh kementerian. Itu sekali saja, saya benar-benar kecolongan," tambahnya.

Saat itu, Dahlan ada undangan dari mahasiswa di Beijing. Dahlan sudah dipesankan pesawat oleh jajaran Kementerian BUMN. Dahlan mengaku menyesal mendapat perlakukan tersebut karena itu bukan untuk kegiatan internal Kementerian BUMN. Dahlan pun mengembalikan dana tiket penerbangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com