Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Pemerintah Berupaya Capai Swasembada Pangan

Kompas.com - 25/10/2013, 20:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berupaya mencapai swasembada pangan atas lima bahan pokok, seperti beras, daging sapi, kedelai, gula, dan jagung.

Menteri Pertanian Suswono mengklaim, untuk komoditi beras telah tercapai swasembada. Dia memperkirakan saat ini stok beras di Bulog mencapai 1,5 hingga 2 juta ton. Adapun untuk komoditas jagung pasokan telah mencukupi. Yang perlu diperhatikan, lanjutnya, adalah kedelai.

"Kebutuhan dalam negeri sudah cukup. Importasi hanya untuk menutup kekurangan stok di Bulog. Tahun ini mudah-mudahan tidak impor," ujar Suswono, Jumat (25/10/2013).

Saat ini lahan kedelai di seluruh Indonesia sekitar 500.000-600.000 hektar. Suswono memandang importasi bebas membuat harga kedelai naik. "Sekarang harga sudah bagus, petani kembali bergairah. Harga beli dari petani ditetapkan Rp 6.800," ujarnya.

Sementara itu untuk gula, Suswono memandang lahan tebu masih kurang. Saat ini terdapat sekitar 460.000 hektar lahan, dan perlu ditambah sekitar 300.000 hektar. Selain itu, perlu dilakukan revitalisasi gula dan penambahan pabrik gula minimal 20 pabrik.

"Revisi target sementara di gula. Yang lain-lain masih dioptimalkan. Target semula 5,7 juta ton untuk konsumsi rumah tangga dan industri. Karena tidak ada lahan, revitalisasi pabrik, dan penambahan pabrik gula, kami konsentrasi pada target 3,1 juta ton untuk konsumsi tahun depan," ungkap Suswono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com