Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Perkasa, Emas Terkulai

Kompas.com - 08/11/2013, 08:10 WIB


CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Kamis (7/11/2013) waktu setempat (Jumat pagi WIB), karena dollar AS melonjak setelah Bank Sentral Eropa (ECB) secara tak terduga menurunkan suku bunganya.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 9,3 dollar AS atau 0,71 persen, menjadi ditutup pada 1.308,5 dollar AS per ounce.

Kontrak memberikan kembali hampir semua keuntungan 9,7 dollar AS per ounce yang diraih pada Rabu (6/11/2013), ketika harga berjangka "rebound" dari tingkat terendah tiga minggu karena melemahnya dollar AS.

Pada Kamis, ECB memangkas suku bunga acuan utamanya sebesar seperempat persentase poin menjadi 0,25 persen. Menyusul keputusan itu, euro merosot sekitar 0,6 persen terhadap dollar AS. Perkasanya greenback  ini cenderung membebani harga komoditas berdenominasi dollar, termasuk emas .

Selain itu, angka produk domestik bruto AS kuartal ketiga yang secara mengejutkan baik, juga menekan emas.

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2,8 persen pada kuartal ketiga, laju tercepat dalam setahun, Departemen Perdagangan mengatakan pada Kamis.

Kenaikan dalam pertumbuhan AS akan memberikan pembuat kebijakan Federal Reserve lebih banyak fleksibilitas untuk mengurangi kebijakan pelonggaran kuantitatifnya.

Sementara perak untuk pengiriman Desember turun 11,1 sen, atau 0,51 persen, menjadi ditutup pada 21,657 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com