Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Impor BBM

Kompas.com - 08/11/2013, 10:24 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia untuk memoderasi pertumbuhan ekonomi di triwulan III dan IV tahun 2013 tak akan cukup signifikan mengurangi defisit transaksi berjalan. Kunci utama mengatasi defisit transaksi berjalan adalah menekan impor bahan bakar minyak.

Pengajar Universitas Atma Jaya Jakarta, Agustinus Prasetyantoko, di Jakarta, Kamis (7/11/2013), menyatakan, kelambatan pertumbuhan ekonomi pada triwulan III-2013 pada satu sisi merupakan skenario yang dituju pemerintah dan Bank Indonesia (BI). Ini merupakan pilihan paling rasional untuk mengurangi tekanan defisit transaksi berjalan yang mencapai 9,8 miliar dollar AS atau 4,4 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) per triwulan II-2013.

Sejumlah kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah dan BI pada awal triwulan III-2013 baru akan tampak signifikan dampaknya pada triwulan IV-2013.

”Jadi, defisit transaksi berjalan akan turun, tetapi belum tentu signifikan karena komponen yang cukup besar adalah impor BBM. Jadi, kalau konsumsi BBM masih tinggi atau bahkan melampaui kuota, penurunan defisit yang signifikan sulit dicapai,” kata Prasetyantoko.

Skenario pemerintah, defisit transaksi berjalan triwulan III-2013 adalah 3,3-3,5 terhadap PDB. Pada akhir tahun 2013, targetnya adalah 3,4 persen.

Secara terpisah Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono menyatakan, peningkatan belanja oleh berbagai pihak akan terjadi di akhir tahun. Pihak yang dimaksud antara lain pemerintah, perusahaan swasta, dan individu. Belanja individu terutama terjadi pada masa liburan keluarga. Ini semua mendorong pertumbuhan di akhir tahun.

Tony memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan IV-2013 berkisar 5,7 persen-5,9 persen. Secara akumulatif pertumbuhan tahun 2013 diperkirakan 5,8 persen.

”Ini masih cukup baik di tengah tekanan krisis global saat ini,” kata Tony. (LAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com