Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal PLTA Inalum, PLN Tunggu Instruksi Pemerintah

Kompas.com - 08/11/2013, 21:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih menunggu keputusan pemerintah tentang peran sertanya dalam pengelolaan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) milik PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

"Kita tunggu keputusan pemerintahlah," kata Nur Pamudji Direktur Utama PLN, Jumat (8/11/2013).

Nur menambahkan, sejak PLTA milik Inalum pertama kali beroperasi, PLN sudah melakukan tukar-menukar listrik dengan Inalum sebesar 45 megawatt (MW). "Mereka memberi kami listrik 45 MW. Siangnya, kami memberikan dengan jumlah yang sama," ujar Nur.

Sekedar informasi, saat ini Inalum memiliki dua buah PLTA. Pertama yaiatu PLTA Tangga, dan yang kedua yaitu PLTA Sigura-gura yang terletak di sungai Asahan Sumatera Barat. PLTA milik Inalum ini disebut juga Asahan dua.

Nur Pamudji sebelumnya mengungkapkan bahwa sebenarnya potensi listrik dari Inalum bisa mencapai 600 MW, namun PLN hanya mendapat jatah 45 MW.

Pasca-nasionalisasi Inalum, diharapkan pasokan listrik dari Inalum ke PLN bisa semakin besar. Dengan begitu, PLN bisa semakin banyak melakukan elektrifikasi di Sumatera Utara.

"Bagus kalau bisa 135 megawatt. Mula-mula segitu, kalau tambah naik bagus lah," ujarnya beberapa waktu lalu. (Emma Ratna Fury)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com