Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Defisit Neraca Pembayaran Kuartal III Relatif Sama dengan Akhir Juni

Kompas.com - 13/11/2013, 20:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia mencatat defisit Neraca Pembayaran Indonesia  pada kuartal III-2013 masih relatif sama dengan kuartal sebelumnya.

"Meskipun pada kuartal III-2013 terjadi perbaikan pada kinerja transaksi berjalan,  berkurangnya surplus transaksi modal dan finansial pada periode yang sama menyebabkan defisit NPI (Neraca Pembayaran Indonesia) tercatat sebesar 2,6 miliar dollar AS atau relatif sama dengan defisit pada triwulan sebelumnya sebesar 2,5 miliar dollar AS," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah, dalam keterangan resminya, Rabu (13/11/2013).

Cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2013 tercatat mencapai 95,7 miliar dollar AS, tetapi kemudian meningkat 1,3 miliar dollar AS menjadi 97,0 miliar dollar AS pada akhir Oktober 2013. Jumlah tersebut setara 5,5 bulan impor atau 5,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Bank Indonesia memandang jumlah tersebut cukup aman untuk mendukung ketahanan sektor eksternal dan berada di atas standar kecukupan internasional," ujar Difi.

BI memperkirakan kinerja NPI terus membaik terutama ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat. Tren perbaikan neraca transaksi berjalan pun diperkirakan terus berlanjut, dan dipengaruhi penurunan impor non-migas dan berkurangnya defisit neraca jasa seiring melambatnya permintaan domestik.

"Meskipun demikian, perbaikan kinerja NPI masih memerlukan koordinasi kebijakan lanjutan antara pemerintah dan BI, antara lain di sektor migas yang perlu langkah-langkah pengendalian konsumsi BBM (bahan bakar minyak) untuk mengurangi defisit transaksi berjalan dari masih tingginya impor minyak," ujar Difi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com