Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dorong Masyarakat Melek Produk Keuangan

Kompas.com - 13/11/2013, 21:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong masyarakat untuk lebih paham mengenai industri keuangan dan produknya. Untk itu, regulator ini mencanangkan tiga pilar agar pulik lebih memahami produk dan layanan keuangan.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad menjelaskan, saat ini masyarakat Indonesia masih tertinggal dalam hal pemahaman mengenai produk keuangan. Dalam survei Bank Dunia 2011 diketahui, hanya 20 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki rekening di lembaga keuangan resmi.

Angka tersebut berada di bawah Filipina, Malaysia, Thailand,dan Singapura yang mencapai berturut-turut 27 persen, 66 persen, 73 persen dan 98 persen.

“Industri keuangan Indonesia memiliki peran yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui intermediasi, dimana hingga 31 Desember 2012 dana intermediasi yang disalurkan sebesar Rp 7.159,4 Triliun,” ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (13/11/2013).

Adapun tiga pilar utama yang dicanangkan itu adapah, pertama, program edukasi dan kampanye nasional literasi keuangan. Kedua, penguatan infrastruktur literasi keuangan,
dan ketiga pengembangan produk dan layanan jasa keuangan yang terjangkau.

Penerapan ketiga pilar tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih melek produk layanan keuangan guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com