Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertahankan Produksi, JOB Pertamina-Petrocina Gelontorkan Rp 900 miliar

Kompas.com - 14/11/2013, 15:32 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis


BOJONEGORO, KOMPAS.com - Joint Operation Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java menyiapkan dana sekitar Rp 900 miliar untuk mempertahankan dan menambah produksi minyak di lapangan Sukowati Bojonegoro, Jawa Timur.

Kepala Administrasi Lapangan Sukowat JOB Pertamina-Petrochina East Java, Hananto Aji menyebutkan, dana itu akan digunakan untuk mengebor 10 sumur baru dan 1 sumur eksplorasi. "Kalau sumur baru itu ditujukan agar produksi minyak bisa dipertahankan. Adapun sumur eksplorasi untuk menambah produksi. Total sumur yang akan kami bor mencapai 11 unit," ujarnya kepada wartawan saat field trip ke lapangan Sukowati, Bojonegoro.

Untuk sumur baru, rata-rata biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 90 miliar, sedangkan sumur eksplorasi bisa lebih besar lagi. "Di samping itu, kami juga melakukan EOR (enhanced oil recovery/ pemompaan pada sumur minyak tua) agar produksi tetap stabil," jelasnya.

Rata-rata produksi minyak sumur tua melalui EOR mencapai 1.000 barel per hari. Adapun dana yang yang dibutuhkan tiap sumurnya mencapai Rp 300 miliar.

Lapangan Sukowati merupakan area konsesi migas milik JOB Pertamina-Petrochina East Java. Dalam hal ini, Pertamina memiliki 75 persen saham dan sisanya milik Petrochina.

Jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan di lapangan Sukowati mencapai 163 orang, yang sebagian besar di antaranya berasal dari wilayah sekitar Bojonegoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com