Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.600 Ton Daging Sapi Sisa Lebaran Tidak Terjual

Kompas.com - 14/11/2013, 20:46 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan memberikan izin alokasi impor daging sapi kepada Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) sebanyak 3.000 ton, menyusul tingginya harga beberapa bulan lalu yang mencapai Rp 100.000 per kilogram.

Impor daging sapi ini dilakukan sejak Juli 2013, untuk menstabilkan harga dan mengantisipasi kenaikan permintaan jelang hari raya Idul Fitri. Namun, hingga saat ini masih terdapat sisa daging sebanyak 1.600 ton.

"Setelah mendatangkan 2.800 ton, Bulog menelepon kami. Dan saat ini masih ada 1.600 ton sisa di Bulog tidak terpasarkan," ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Protein Hewani Indonesia (APPHI) Noverdi Bross, dalam diskusi publik bertajuk Menyoal Kebijakan Perdagangan Internasional dan Pertanian, di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Noverdi menengarai, hal itu disebabkan perilaku konsumen Indonesia di mana mayoritas umat Muslim masih sangsi apakah daging sapi tersebut halal.

Menurut Noverdi hal itulah yang membuat daging sapi impor tak laku di pasar meski telah diperbolehkan memasuki pasar tradisional. "Jadi, kendala masyarakat ini daging 'di-bismillah-in' nggak, kalau dikeringkan di rumah susut berapa. Bulog puyeng jualan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com