Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKK Migas: Banyak yang Ingin "Obok-obok" Kami

Kompas.com - 15/11/2013, 13:23 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis


MALANG,KOMPAS.com
- Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas menyatakan akan tetap fokus mencapai target produksi untuk mendukung pendapatan negara, meskipun banyak pihak yang berkepentingan terhadap lembaga ini.

Kepala Bagian Humas SKK Migas, Elan Biantoro menyatakan pihaknya akan mengejar target produksi seperti yang ditetapkan di APBN. "Banyak yang ingin mengobok-obok kami, tapi kami akan jalan terus. Banyak sekali yang kami hadapi, mulai dari pembubaran oleh MK hingga penolakan masyarakat terhadap kontraktor migas," ujarnya, Jumat (15/11/2013).

Dia mengatakan, berbagai masalah yang dihadapi oleh pelaku industri migas cukup berpengaruh terhadap potensi pendapatan negara. Dia mengklaim, ada sejumlah kontraktor migas yang menghentikan operasinya di Indonesia karena berbagai masalah tersebut.

Hingga saat ini terdapat 41 kontraktor migas yang beroperasi di Indonesia. Jumlah itu terdiri dari 13 kontraktor yang melakukan eksploitasi dan 28 kontraktor eksplorasi. "Untuk mencari minyak di wilayah-wilayah yang sulit, seperti di laut dalam, kontraktor butuh modal besar. Mana ada perusahaan Indonesia yang bersedia melakukan itu. Para kontraktor asing yang masuk ke Indonesia, mereka membawa uang. Jadi harus didukung," lanjutnya.

Hingga saat ini, minyak masih berkontribusi cukup besar bagi energy mix di Indonesia, hingga mencapai 70 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com