Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Turun, Harga Emas Menguat

Kompas.com - 20/11/2013, 07:34 WIB


CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup dengan kenaikan moderat pada Selasa (19/11/2013) waktu setempat (Rabu pagi WIB), menemukan dukungan setelah mengalami kerugian dalam sesi sebelumnya.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 1,2 dollar AS, atau 0,09 persen, menjadi menetap di 1.273,5 dollar AS per ounce.

Dollar AS membantu perdagangan emas, menurut analis pasar. Emas berjangka naik karena penurunan dollar mendorong permintaan untuk logam sebagai aset alternatif.

Statistik menunjukkan Indeks Dollar AS Bloomberg turun ke tingkat terendah dalam hampir dua minggu karena spekulasi bahwa pejabat Federal Reserve akan menegaskan kembali bahwa pertumbuhan ekonomi belum cukup untuk memangkas stimulus.

Beberapa analis pasar percaya waktu pengurangan stimulus akan terus menjadi kekuatan penuntun untuk pasar emas.

Janet Yellen, yang dicalonkan untuk memimpin bank sentral AS, mengatakan pasar tenaga kerja harus meningkat sebelum para pembuat kebijakan dapat mempertimbangkan pengurangan stimulus.

Ketua Fed Ben Bernanke dijadwalkan akan berbicara pada Selasa sore di Washington dan risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Oktober akan dirilis pada Rabu waktu setempat.

Sementara perak untuk pengiriman Desember turun 2,3 sen, atau 0,11 persen, menjadi ditutup pada 20,334 dollar per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com